Tentang Kami
Tech to Combat Sexual Harrasment At Workplace

Mengapa Never Okay

Pelecehan seksual di tempat kerja adalah masalah yang nyaris jarang/bahkan tidak sama sekali dibicarakan oleh masyarakat kita. Padahal sehari-hari, dimanapun tempat kerja tersebut –kantor pemerintah, lembaga swasta, kantor bisnis, lembaga swadaya, komunitas, kampus dan masih banyak lagi—praktik ini sangat kompleks dan terus berulang dilakukan. Bahkan dilanggengkan dan dianggap wajar. Perempuan –dan tentu laki-laki—menjadi korban yang takut untuk melaporkan karena takut kehilangan sumber ekonomi mereka.

Awal Mula Never OkaySejarah

Penggagas kami, Alvin, sedang bekerja pada suatu sore ketika dia mendapat telepon dari sahabatnya bahwa dia dilecehkan oleh bosnya. Lebih buruk lagi, setelah sahabatnya mencoba melapor ke bagian HRD, dirinya diminta untuk menjaga sikap dan menormalisasi situasi tersebut jika dia tidak mau diberhentikan.
Beberapa bulan kemudian, Alvin mendapati dirinya menjadi saksi kejadian itu sendiri. Namun saat itu, ia bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana. Kemudian Ia mulai menyadari adanya sebuah pola yang terus berulang: proses pelaporan korban sama traumatisnya dengan pelecehan seksual itu sendiri. Sebagai bystander, ia kemudian memperkenalkan Never Okay Project di bulan Desember 2017, sebagai sebuah platform berbagi cerita secara anonim yang berfungsi sebagai ruang aman bagi penyintas pelecehan seksual di tempat kerja.

Manifesto

Never Okay Project adalah inisiatif berbasis misi pertama di indonesia yang mendukung komunitas dan institusi dalam menciptakan dunia kerja yang bebas dari pelecehan seksual.

Pendekatan

Pusat Informasi

Memulai percakapan seputar isu pelecehan seksual di tempat kerja, serta meningkatkan kesadaran dengan cara menyediakan informasi-informasi terpercaya.

Penghubung Komunitas

Mendengarkan, memberdayakan, dan belajar dari penyintas pelecehan seksual di tempat kerja.

Promosi Integritas

Mempromosikan dan mengajak pemberi kerja dan pemerintah untuk berpartisipasi melalui peran konkret yang menunjukkan komitmen mereka dalam melawan pelecehan seksual di tempat kerja.

Platform Berbagi Cerita

Never Okay menawarkan platform yang memuliakan kesetaraan dan berdiri untuk kesetaraan. Kami percaya bahwa perilaku kekerasan seksual di tempat kerja merupakan praktik yang tidak dapat ditolerir dan tidak pernah baik-baik saja.

Selengkapnya

Setelah Cerita Lalu Apa?

Jika pengirim cerita bersedia ditindaklanjuti, kami menawarkan tiga pilihan aksi sesuai dengan kebutuhan:

Menghubungkan ke Tim Bantuan Hukum
Mendampingi Proses Pemulihan Psikologis
Memperkuat serikat pekerja di institusi/organisasi