Lalola Easter Kaban

Perempuan mendukung perempuan itu penting

Lebih dari 5 tahun bekerja bersama Indonesia Corruption Watch, Lalola Easter Kaban mulai dikenal sebagai salah satu orang muda yang tajam dalam gerakan anti-korupsi di Indonesia. Kepada Tim Never Okay, Lola memberikan opininya terhadap isu pelecehan seksual di tempat kerja, juga berbagi cerita seputar bagaimana Ia melihat dan melawan stereotyping dalam perjalanan kariernya. Lola juga mengutarakan pendapatnya terhadap gerakan perempuan dan kekuatan dibalik solidaritas antar perempuan.

 

“Kerja bukan privilege untuk perempuan. Bekerja itu wajar, asalkan berdasarkan konsen perempuan tersebut”. Lola mengakui bahwa seringkali orang berpendapat sebaliknya, karena seksisme sudah menjadi bagian dari kultur yang dimulai di level keluarga. Ia juga pernah mengalami sendiri ketika diingatkan oleh ayahnya, bahwa pada akhrinya perempuan tidak akan jauh dari dapur.

Lalola Easter Kaban

Ketika memulai bekerja dalam gerakan anti-korupsi, Ia juga sering mempertanyakan akankah hal ini berdampak kepada kariernya. “Aku setara dan aku mampu.” kalimat ini yang menjadi penguat untuknya. Lola mengaku termasuk beruntung karena akhirnya hasil-hasil kerjanya bisa dinilai secara objektif, tapi Ia sadar banyak perempuan yang tidak demikian. Meskipun begitu, Ia tidak lepas menjadi sasaran pelecehan, terutama dalam bentuk verbal. “Kekeliruan jika menganggap cat-calling sebagai pujian. Ini bahkan bisa menyebabkan trauma.”

 

Terkait gerakan perempuan dan pelecehan seksual di tempat kerja, Lola melihat pengalaman individual yang spesifik sangat penting untuk diangkat, karena ternyata bisa dialami orang lain. “Musuh bersama harus dilawan bersama!”

Lalola Easter Kaban

Dalam mengatasi pelecehan seksual di tempat kerja, Lola mengaku identifikasi bentuk sangat penting dan perlu dikuasai semua pekerja. Pendekatan kepada penyintas juga tak kalah penting, agar semakin banyak penyintas berani berbicara “Karena suara-suara ini nggak bisa dibungkam. Sharing is a weapon.” Kehadiran support group juga menjadi esensial “Perempuan mendukung perempuan itu penting!”

 

Selain mekanisme pelaporan dan adanya SOP yang jelas, Lola melihat penting untuk melibatkan pihak expert jika memang dibutuhkan dalam penyelesaian pelecehan seksual di tempat kerja. Harapannya, kesadaran untuk saling menjaga keamanan sesama pekeraja sudah diingatkan sejak dalam proses penerimaan staff, bahkan bisa dijadikan parameter penerimaan.

Kirim Komentar

*Please complete all fields correctly

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.