Belajar Bersama di Campaign Academy

Siang itu, sebuah chat dari WhatsApp berbunyi. Perkenalan ramah dari Galih menyapa tim Never Okay Project, mengajak penggiat Never Okay Project untuk belajar dalam sebuah kegiatan “social campaign mini class” yang diadakan oleh campaign.com. Malam itu, kami belajar secara singkat cara membuat sebuah kampanye melalui aplikasi campaign #forchange untuk menyuarakan isu-isu yang digeluti oleh masing-masing komunitas yang hadir.

Gambar 1. Kegiatan Social Campaign Mini Class di bulan Agustus 2019

Komunitas yang mempunyai kampanye dan bersedia melakukan kampanyenya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 5.000 pada setiap aksi yang diperoleh dari orang lain. Kami memutuskan untuk membuat sebuah kampanye #TemanKerjaAsik, dimana kami ingin mengajak para pekerja/buruh meminimalisir pelecehan seksual di tempat kerja dan menyuarakan pola pertemanan positif di dunia kerja tanpa adanya bercandaan yang mengarah ke pelecehan seksual.

 

Gambar 2. Kampanye #TemanKerjaAsik

Selang sebulan ketika kami sedang berusaha menyuarakan kampanye #TemanKerjaAsik melalui sosial media dan juga ajakan personal dengan teman kerja masing-masing penggiat, Pandu menyapa melalui chat WhatsAppa dengan ramahnya. Dia sebagai perwakilan campaign.com mengajak kami belajar lebih dalam dengan mengikuti Campaign Academy, dimana kami dikumpulkan bersama dengan teman-teman dari komunitas yang menggeluti isu yang hampir sama. Bersama Pandulisane, Komunitas Perempuan Ungu, Sharepeace, Single Mom, Katalisator Muda dan lainnya belajar banyak hal, mulai dari membuat Community Model Canvas, Membuat konten yang powerful, project management, hingga sustainability campaign. Selama tiga bulan penuh dan melakukan beberapa kali pertemuan bootcamp di kantor Campaign, kami diajarkan banyak hal. Kabar baiknya, setiap aksi yang kami terima dari kampanye #TemanKerjaAsik naik menjadi Rp. 10.000 per aksi.

 

Gambar 3. Keseruan bootcamp Campaign Academy Batch Equality

Selama mengikuti bootcamp, setiap komunitas yang memiliki kampanye sudah bisa melakukan kegiatannya untuk mengajak orang-orang mengikuti aksi kampanye. Ibarat berenang sambil minum air, selama kegiatan bootcamp masing-masing komunitas melancarkan aksinya dalam mengajak penggiat dari komunitas lain untuk meramaikan masing-masing kampanye.

Gambar 4. Malam kelulusan bersama komunitas lain di kantor Campaign.com

 

Akhir Februari 2020, perjalanan kampanye #TemanKerjaAsik berakhir dengan ditandai dengan graduation bersama komunitas lainnya. #TemanKerjaAsik berhasil mengumpulkan 330 Aksi dengan berbagai macam kegiatan seperti ajakan personal ke teman kerja, mengikutsertakan prasyarat #TemanKerjaAsik untuk calon volunteer baru, giveaway hingga konsultasi dinamika kerja di CFD Sudirman Jakarta!

Gambar 5. Kegiatan mengajak masyarakat untuk mengikuti aksi #TemanKerjaAsik di CFD Sudirman, Jakarta

 

Dari 330 aksi yang berhasil kumpulkan, kami mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 3.300.000 yang akan kami gunakan untuk peningkatan kapasitas penggiat dan volunteer Never Okay Project selama beberapa sesi. Terima kasih campaign.com yang sudah mengajak Never Okay Project belajar bersama mendorong kampanye-kampanye isu yang kami geluti.

Semoga komunitas lain juga mendapatkan kesempatan yang sama ya! Kami merekomendasikan perEMPUan dan Perempuan Aman dan perempuan atau komunitas pemerhati pelecehan seksual lainnya untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan kami!

Sukses selalu!

 

 

Kirim Komentar

*Please complete all fields correctly

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

#SayaJuga

Berlangganan Nawala Never Okay Project untuk Mendapatkan Kabar Terbaru dari Kami.

Terimakasih telah Berlangganan Nawala Kami! Nantikan Kabar #SayaJuga Setiap Hari Selasa!