5 Pekerjaan Yang Rentan Kekerasan Seksual

Tech to combat sexual harrasment at workplace

5 Pekerjaan Yang Rentan Kekerasan Seksual

23rd July 2018 Infografis 0

pekerjaan yang rentan kekerasan seksual

Folks, pencarian kami terhadap beragam studi dan penelitian menunjukkan bahwa pelecehan seksual di tempat kerja memiliki spektrum yang luas, termasuk sektor mana yang berada pada “zona merah”. Menurut Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), ada 5 (lima) sektor matapencaharian yang sangat rentan terhadap pelecehan dan kekerasan seksual di Indonesia. Berikut  5 (lima) sektor pekerjaan yang paling rentan mengalami pelecehan seksual:

1. Buruh Pabrik

Pelecehan seksual dianggap lazim di pabrik-pabrik, seperti industri garmen dan tekstil. Buruh pabrik juga rentan dieksploitasi melalui upah murah dan diskriminasi. Penelitian perempuan mahardhika menunjukkan bahwa 93.6% dari 437 korban buruh perempuan tidak melaporkan pelecehan yang mereka alami. Salah satu alasannya, karena hal itu sudah dianggap wajar.

Menurut laporan dan publikasi, contoh pelecahan terhadap buruh pabrik sangat beragam. Mulai dari catcalling, disentuh, dipegang, digenggam dan dicium tanpa persetujuan, sampai sexual misconduct dan gang rape. Teman-teman perempuan Mahardhika pernah melakukan penelitian di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta Utara. Riset ini didokumentasikan melalui film “Angka Jadi Suara”.

2. Buruh Perkebunan

Sektor Agrikultur menjadi salah satu industri yang paling rentan kekerasan dan eksploitasi, terlebih bagi para pekerja perempuan. Human Rights Watch(2012) melaporkan bahwa sektor ini masih akrab dengan sektor perbudakan, membuatnya rentan terjadi pelecehan seksual.

Di banyak tempat di Indonesia, anak-anak kecil dipaksa menjadi buruh kebun dengan tingkat keamanan kerja rendah, upah murah dan rentan pemerkosaan.

3. Pelayan Kapal

Jika dua karakteristik pekerjaan di atas kental akan relasi majikan-pekerja, sektor pekerjaan ini didominasi oleh para tamu sebagai pelaku. Pola lainnya, kejahatan ini juga kerap terjadi di kapal pesiar (cruise-ship).

Banyak pelaku melakukan karena adanya anggapan wajar dan kuatnya kultur impunitas dari penegak hukum di sektor kemaritiman. International Chamber of Shipping  mengemukakan jika masalah ini terus meningkat mengalahkan pencurian kapal.

4. Pramugari

Pada 2015, Huffington Post menobatkan bahwa pelecehan seksual yang dialami pramugari (flight attendant) bukan hanya sesuatu yang wajar, tapi sudah menjadi epidemi.

Pasalnya, hal ini bukan hanya dilakukan oleh penumpang, tapi juga para awak maskapai. Sayangnya, beberapa maskapai belum banyak peduli dengan situasi ini, mengakibatkan regulasi yang minimal.

5. Pekerja Industri Hiburan

Harvey Weinstein, Kevin Spacey, dan nama-nama besar lain yang muncul dari pengakuan korban mengungkap bagaimana industri hiburan bukan hanya kental patriarki, tapi juga melanggengkan kuasa seksual.

Ngga usah jauh-jauh ke Hollywood, kasus pelecehan di kalangan pekerja industri hiburan tanah air juga bukan hal baru kita dengar, kan?

 

Itu lah 5 (lima) sektor pekerjaan yang paling rentan mengalami pelecehan seksual. Setuju? Bagaimana dengan tempat kerjamu?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Stories

Baby Talk

Kantor saya kedatangan seorang bos baru. Dia bapak-bapak yang mungkin kira-kira berusia 40 tahunan. Gue…
Read more

Nyaman di Tempat Kerja?

Aku, staff baru di salah satu NGO yang juga masih berstatus sebagai mahasiswa di salah…
Read more

Ogah Meeting Bareng

Saat ini gue megang proyek iklan di salah satu agensi yang cukup terkenal. Proyek ini…
Read more

Jadi Cowok Gym

Gue tuh bisa dibilang gym-freak ya. Hampir tiap hari abis kelar kantor gue sempetin banget…
Read more

Our Partners

IDC
sinarmas
we act for sdgs
scoop news asia
IBCWE